x

Pemkot Blitar Launching Relawan Penegak Kedisiplinan Protokol Kesehatan Lingkungan Kerja

Blitar Kota - Kamis, (17/09/2020) Pemerintah Kota Blitar melaksanakam upacara launching relawan penegak disiplin protokol kesehatan Covid-19. Langkah ini sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 dilingkungan kerja se-Kota Blitar.

Drs. H. Santoso, MP.d, Wali Kota Blitar mengatakan kasus Covid-19 sampai saat ini terus bertambah.  Klaster penularan juga mulai bermunculan di perkantoran. Oleh karena itu, pihaknya menginstruksikan jajaran Kepala OPD, lembaga dan instansi untuk menunjuk beberapa staff sebagai relawan penegak kedisiplinan. Relawan ini nantinya ditugaskan untuk memantau dan mengawal penerapan protokol kesehatan di lingkungan kerja masing-masing. Menurut Drs. H. Santoso, M.Pd terdapat 100 lebih relawan yang tersebar di kantor OPD, instansi, lembaga, BMUN-BMUD, pondok pesantren, dan lainnya.

“Jadi yang menunjuk langsung kepala atau pimpinan di masing-masing OPD, jumlah relawannya menyesuaikan lingkungan kerjanya. Tapi mereka tidak mendapat insentif tambahan, namanya saja relawan,” kata Drs. H. Santoso, MP.d. 

Sementara itu Leonard M. Sinambel, Kapolres Blitar Kota, dalam kegiatan ini juga berkesempatan memberikan pembinaan dan penekanan tugas relawan. Leonard menegaskan relawan tidak diperkenankan memberikan sanksi jika mendapati rekan kerjanya melakukan pelanggaran. Relawan hanya diperbolehkan memberikan teguran dan peringatan saja. Sedangkan penindakkan menjadi wewenang kepolisian dan Satpol PP yang sudah memiliki payung hukum, Instruksi Presiden No. 06 Tahun 2020, Pergub No. 53 Tahun 2020, dan Perwali No. 47 Tahun 2020.

“Mereka yang ditunjuk harus bisa menjadi role model teman-temannya. Harus bisa menjadi contoh yang baik dalam disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19” pungkas Leonard. (Kir)

Share icon